Memperbaiki Hardisk Eksternal Rusak

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Rusak - Anda memiliki hardisk eksternal yang sudah tidak bisa dipakai karena rusak. Anda tidak usah khawatir, karena ternyata Hardisk Rusak bisa diperbaiki dengan beberapa tutorial berikuti ini. Silahkan anda ikuti cara berikut ini dan boom...hardisk rusak anda sudah kembali normal.

Pada intinya hardisk yang tidak terdetek atau rusak bisa disebabkan beberapa hal, seperti bad sector, aliran listrik yang tidak stabil sehingga menyebabkan short pada hardisk anda atau lain sebagainya. Anda bisa menggunakan tool chkdsk windows untuk antisipasi pertama memperbaiki Hardisk.


Berikut kegunaan dari tool tersebut yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan perbaikan hardisk:
  • Chkdsk <drive anda atau path dimana folder/filename yang akan anda pebaiki> [/F] [/V] [/R] [/X] [/i] [/C] [/L[: Size]] 
  • F = option untuk memperbaiki error pada disk
  • /V = untuk Fat/Fat32: menampilkan path dan nama dari semua file
  • Untuk NTFS: menampilkan semua pesan cleanup
  • /R = memindahkan bad sector dan mengrekover informasi yang bisa di baca.
  • /L:size = hanya untuk NTFS: mengubah ukuran file log ke nilai tertentu dalam kolibyte, j jika nilainya tidak jelas, maka akan menampilkan ukuran yang sekarang.
  • /X = memaksa untuk mengdiskmount dulu jika penting. Semua yang terbuka akhirnya akan gagal.(gunakan option /F)
Nah sekarang anda bisa memperbaiki hardisk rusak sendiri, semoga bermanfaat ya.

6 Responses to "Memperbaiki Hardisk Eksternal Rusak"

  1. ini buat windows yah ? ada yg buat mac gak ? data"nya bisa selamet ? tolong infonya yah, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat data-data yang hilang tetapi hardisk masih bisa di akses kemungkinan bisa mbak, pakai data recovery aja, cari di internet banyak kok, download terus kembalikan pada drive yang ingin di kembalikan. Untuk mac, download aplikasinya yang khusus buat mac. Tetapi klo data recovery ga ada buat mac, coba anda cari aplikasi yang lain, tapi intinya tetap sama yaitu mengembalikan data. Kalau ini hanya Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Rusak saja.

      Hapus
  2. kalau harddisk eksternal rusak bisa dideteksi oleh BIOS tapi tidak terbaca di windows explorer cara perbaikinya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan sistem pada windows rusak, karena jika hardisk rusak biasanya BIOS sudah tidak mendeteksi. Coba kabel jumper ke hardsik diganti yang baru.

      Hapus
  3. gan mw mnta solusinya hardisk external sya 500Gb.
    ga bisa kebaca tp cuma muncul local disk doank yg isinya kosong.....
    trus pas sya properties capasitasnya 0....
    trus syistemnya RAW bukan NTFS.
    tolong solusinya Gan,,,,,,...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dideteksi lewat BIOS belum? coba cek di BIOS, hardisk sobat terdeteksi ga? Biasanya terdeteksi merknya. Kalau ga ada berarti mungkin sudah rusak total. Coba dipakai cara diatas, seperti yang udah saya jelaskan buat memperbaik hardisk rusak. Kalau masih ga bisa, coba ke toko reparasi komputer. Soalnya saya ga bisa mengatasi kalau hardisk rusak total.

      Hapus