Hasil Ukraina Vs Swedia EURO 2012

Hasil pertandingan Ukraina vs Swedia Euro 2012, Video Highlight Gol. Selain laga Prancis vs Inggris pada Grup D Liga Eropa yang digelar Selasa dini hari tadi (12/6/12), pertandingan satu lagi yaitu tim tuan rumah Ukraina yang melawan Swedia berlangsung dengan kemenangan Ukraina 2 -1. Berikut ulasannya yang kami kutip dari Bola Kompas.
Hasil Ukraina Vs Swedia

Hasil Ukraina Vs Swedia

Andriy Shevchenko tampil gemilang dan membawa Ukraina menang 2-1 atas Swedia pada laga perdana Grup D Piala Eropa 2012 di Stadion NSC Olimpiyskiy, Ukraina, Senin atau Selasa (12/6/2012) dini hari WIB. Sempat tertinggal lebih dulu, Shevchenko kemudian memborong dua gol untuk memastikan kemenangan Ukraina 2-1.

Pada pertengahan babak pertama, giliran penyerang senior Andriy Shevchenko yang memperoleh peluang emas. Mendapat umpan terobosan Evgeni Konoplyankan, ia mampu meloloskan diri dari jebakan off-side barisan belakang Swedia. Meski sudah tinggal berhadapan dengan kiper Isaksson, eksekusinya kurang sempurna karena bola masih melebar ke sisi kanan gawang.

Terus ditekan, Swedia tak tinggal diam. Meski tampak kesulitan menembus pertahanan Ukraina, sejumlah upaya dilakukan tim asuhan Erik Hamren tersebut. Pada menit ke-35, Zlatan Ibrahimovic hampir membuat pendukung tuan rumah terdiam jika kiper Andriy Pyatov tidak sigap menghadang bola tendangan keras pemain AC Milan itu dari luar kotak penalti.

Di babak kedua, tempo permainan kedua kubu meningkat. Apalagi, ketika Ibrahimovic mampu membungkam pendukung tuan rumah setelah berhasil menaklukan kiper Pyatov pada menit ke-53. Menerima umpan tarik Kim Kallstrom dari sisi kanan, dengan mudah mantan pemain Ajax Amsterdam itu menyontek bola ke dalam gawang sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama. Dua menit berselang, pendukung Ukraina bersorak setelah Shevchenko berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-55. Melakukan penetrasi dari sisi kanan, Yarmolenko melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Umpan itu kemudian langsung disambar Shevchenko dengan sundulan keras dan memasukkan bola ke dalam gawang Swedia.

Tak ingin kalah, Swedia kemudian meningkatkan serangan hingga menit-menit akhir pertandingan. Meski beberapa kali mendapatkan peluang melalui Ibrahimovic dan Johan Elmander, skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah pun akhirnya tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:
Ukraina: 12-Andriy Pyatov, 17-Taras Mikhalik, 3-Yevhen Khacheridi, 2-Yevgen Selin, 9-Oleg Gusev, 18-Serhiy Nazarenko, 4-Anatoliy Tymoschuk, 19-Evgeni Konoplyanka, 11-Andriy Yarmolenko, 7-Andriy Shevchenko (15-Artem Milevskiy 82), 10-Andriy Voronin (14-Ruslan Rotan 84).

Swedia: 1-Andreas Isaksson, 4-Andreas Granqvist, 3-Olof Mellberg, 5-Martin Olsson, 2-Mikael Lustig, 9-Kim Kallstrom, 6-Rasmus Elm, 20-Ola Toivonen (8-Andres Svensson 63), 7-Sebastian Larsson, 22-Markus Rosenberg (11-Johan Elmander 71), 10-Zlatan Ibrahimovic.

Video Highlight Ukraina Vs Swedia



Inilah hasil Grup D yang lain: