Galaxy S III dan iPhone 4S Pakai Sensor Kamera yang Sama

Galaxy S III
Berita Tekno - Meski selalu bersaing, Apple dan Samsung ternyata "kompak" menggunakan komponen yang sama untuk produk ponsel terbaik mereka.

Chipworks, sebuah perusahaan spesialis analisis paten sistem semikonduktor dan elektronik, menemukan sensor kamera 8 MP yang digunakan di Galaxy S III ternyata sama persis dengan sensor kamera yang digunakan iPhone 4S.

Hal ini dibeberkan iFixit yang bekerja sama dengan Chipworks setelah membedah "jeroan" dari Galaxy S III.

Dari "pembedahan" tersebut terungkap bahwa Galaxy S III menggunakan sensor kamera "Sony BSI", sedangkan dari pembedahan sebelumnya mereka menemukan iPhone 4S memakai sensor kamera "Sony IMX145".

Meski mengusung nama yang berbeda, Chipworks memastikan kedua sensor kamera tersebut identik.

Meski terpaut sekitar 7 bulan, ponsel termutakhir besutan Samsung, Galaxy S III, tetap menggunakan komponen kamera yang sama dengan ponsel yang lebih "tua", iPhone 4S.

Sebagai informasi, iPhone 4S dirilis Apple pada Oktober 2011, sedangkan Galaxy S III baru dirilis pada awal Mei 2012.

Dengan penggunaan komponen kamera yang sama, sejatinya baik pengguna iPhone 4S dan Galaxy S III tentu tak dapat mengklaim hasil fotonya lebih bagus.

Namun, hasil foto bisa saja akan berbeda, tergantung sistem operasi masing-masing vendor, yaitu iOS dan Android, mengolahnya menjadi foto yang lebih baik. (TeknoKompas)