Gempa Sukabumi Merusak Sedikitnya 85 Rumah

Gempa Sukabumi
Berita Hari Ini - Gempa Sukabumi yang terjadi pada Senin (4/6/12) pada pukul 18.18 WIB, diperkirakan memiliki kekuatan sekitar 6,1 skala Richter (SR), dilaporkan pula ada sekitar 85 rumah warga yang mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan, sedang sampai dengan rusak parah. Wilayah yang terkena dampak paling banyak ditemui pada Sagaranten, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi.

Seperti yang dikutip dari Kompas, "Wilayah Sagaranten Kecamatan Cidolog Desa Cidolog, 4 rusak ringan, 9 rusak sedang, 5 rusak berat. Desa Mekarjaya dan Desa Tegal Lega 10 rusak sedang, 6 rusak berat. Desa Cikarang 15 rusak sedang," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Martinus Sitompul, Senin (4/6/2012) malam.

Sedangkan diwilayah lainnya yaitu di Tegal Buleud Desa Nangela, Kedusunan Cadas Malang, ada sekitar sebanyak 18 rumah warga rusak ringan. Kedusunan Pasir Salam juga ada 18 rumah yang rusak ringan.

Terkait korban luka, ada di wilayah Lengkong sebanyak dua orang, korban mengalami luka pada bagian kepala, kaki, dan perut akibat terkena reruntuhan bangunan.

Gempa Bumi Sukabumi 6,1 SR itu terasa getarannya hingga ke daerah-daerah lain di sekitar Sukabumi seperti halnya Jabodetabek, Bandung, Lebak, Garut, dan Tasikmalaya. Sedangkan untuk pusat gempa tersebut berasal dari laut sekitar 121 kilometer arah barat daya Sukabumi.