Galaxy Tab 7.7: Fitur Premium & Harga Premium

Galaxy Tab 7.7

Samsung Galaxy Tab 7.7 meluncur di pasaran dengan harga yang menjulang yakni di angka sekitar Rp 7 juta. Tak ayal, ia menyeruak masuk ke golongan tablet premium. Penasaran seperti apa kemampuannya?

Desain

Secara desain, Samsung Galaxy Tab 7.7 memiliki bodi metalik yang stylish. Ia terasa nyaman digenggam berkat bobotnya yang ringan dan ukurannya yang tidak terlalu besar.

Ya, piranti ini hanya memiliki ketebalan 7,89 mm dan berat 340 gram dalam desain 7.7 inch. Selain ramping, salah satu yang menjadi keunggulan desainnya adalah ia terkesan lux, berbanding lurus dengan harga yang dibanderol.

Menelusuri bodinya, di bagian depan, terdapat kamera front facing beresolusi 2 MP. Kemudian di bagian samping terdapat tombol power, pengontrol volume dan slot untuk microSD serta Micro-SIM. Terdapat juga 30-pin proprietary dock port, IR blaster, jack headphone dan microphone.

Sedang di bagian belakang bodi terdapat kamera beresolusi 3 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash.

Layar

Layar yang begitu jernih bisa dinikmati pengguna di piranti ini. Kejernihan tersebut diwujudkan oleh layar Super AMOLED Plus yang memiliki resolusi 1280 x 800. Tak ayal saat dipakai untuk menampilkan foto ataupun video, yang terlihat adalah kekayaan warna dan kontras yang memanjakan mata.

Aplikasi

Samsung membekali piranti premiumnya ini dengan sejumlah aplikasi seperti Photo Editor, Social Hub, Pen memo, Samsung Apps store, Voice search, video player hingga music player.

Performa

Piranti tablet dari Samsung ini berjalan di atas sistem operasi Android versi 3.2 (Honeycomb) yang sudah ada tampilan TouchWiz UXnya. Dengan tampilan tersebut, mengakses konten dari home screen bisa dilakukan dengan mudah, demikian juga saat digunakan untuk multi tasking.

Galaxy Tab 7.7 membekali diri dengan prosesor dual-core 1,4 GHz dan RAM 1 GB di mana hal ini termasuk unggul di kategori tablet. Keunggulan ini menjadikannya salah satu tablet Android yang paling responsif. Terbukti saat dipakai menelusuri menu, detikINET tidak memiliki masalah yang berarti seperti lag. Kemudian saat dipakai untuk melakukan video playback full HD 1080p ia berjalan dengan cukup mulus.

Kamera

Kamera Galaxy Tab 7.7 dibekali resolusi 2 MP untuk kamera depannya dan 3 MP untuk kamera belakang. Resolusinya yang tidak terlalu tinggi dibantu dengan adanya LED flash saat dipakai dalam pemotretan super gelap. Namun keberadaan flash ini saat pemotretan low light agaknya tidak disarankan, kecuali dalam keadaan kepepet, sebab cahayanya terlalu harsh.

Fitur kamera yang dibekalkan di Tab 7.7 ini sudah didukung dengan banyak pengaturan manual, meski jangan berharap banyak untuk bisa menghasilkan foto yang kinclong dari tablet ini. Namun asyiknya, piranti ini juga sudah mempunyai mode Panorama di mana bisa dipakai untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas.

Pun untuk scene modenya, ia memiliki mode-mode wajib yang biasanya dijumpai di kamera kompak. Pengaturan eksposure serta white balance juga turut disematkan untuk memaksimalkan hasil foto dalam tiap kondisi pemotretan. Kemampuan perekaman videonya sendiri sudah support HD 1280x720.

Kesimpulan:

Harga yang menjulang sebanding dengan performa Galaxy Tab 7.7. Ditambah dengan tampilannya yang stylish, piranti ini layak dijadikan teman bagi mereka yang mengunggulkan performa dan desain.

Berikut spesifikasi lengkap piranti tablet tersebut:

- 7.7 inch Super AMOLED Plus display dengan resolusi 1280 x 800 piksel
- Prosesor dual-core 1.4GHz
- Android 3.2 Honeycomb
- CDMA and LTE
- Memori internal 16GB
- RAM 1GB
- Kamera belakang 3.2 MP + LED flash dan kemampuan perekaman video 1080p
- Kamera depan 2 MP
- Dimensi: 7,74 x 5,24 x 0,31 inch

Kelebihan:
- Desain slim dan stylish
- Baterai awet

Kelemahan:
- Harga mahal
- Kamera kurang bisa diandalkan