Tips Mudik Lebaran Aman

Mudik Lebaran Aman mungkin akan menjadi suatu hal yang semua orang inginkan. Tetapi terkadang jika kita bermudik, ada yang tidak memperhatikan beberapa hal penting dan seharusnya kita bisa lakukan. Mudik lebaran dengan motor, ini yang sangat penting untuk diperhatikan. Anda para pengendara sepeda motor dan ingin mudik dengan aman, maka perlu diperhatikan beberapa hal, seperti apa saja yang tidak seharusnya dilakukan dan apa saja yang harus dibawa saat berkendaraan.

Hal-hal tersebut akan membuat mudik aman dan nyaman untuk anda jika anda berkendaraan dengan menggunakan sepeda motor. Nah agar lebih jelasnya, berikut ini adalah tips mudik yang kami kutip dari Detik.com.

1. Jaga stamina

Untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama mudik, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Mulailah memperbanyak minum air putih sekitar 3-4 hari sebelum keberangkatan. Ini untuk menjaga agar tubuh cairan tubuh tetap terjaga.

Selain air putih, jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin agar stamina Anda tetap terjaga saat perjalanan jauh. Vitamin juga menjaga tubuh Anda agar tetap segar.

2. Lakukan perjalanan malam

Jika ingin tidak terlalu lelah dan tetap segar selama perjalanan, ada baiknya Anda mencoba untuk memulai perjalanan mudik pada malam hari. Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, di perjalanan malam tenaga yang Anda miliki masih banyak karena baru saja berbuka puasa.

Keuntungan lain jika melakukan perjalanan malam adalah saat haus atau lapar di perjalanan, Anda bisa dengan mudahnya minum dan makan. Hal ini tentu tidak bisa Anda lakukan jika melakukan perjalanan siang. Makan dan minum di perjalanan juga mencegah datangnya kantuk.

3. Sediakan makanan ringan

Salah satu masalah ketika mudik adalah mengantuk selama perjalanan. Ini menjadi masalah serius jika dialami pengemudi. Agar mata tetap terbuka, sediakan makanan ringan di dalam tas. Makanan ringan juga berguna untuk mengisi perut saat waktu berbuka atau sahur tiba, tetapi Anda belum menemukan tempat makan.

4. Bawa peta mudik

Sebagai langkah antisipasi jika terpaksa sahur atau berbuka di jalan, ada baiknya selalu membawa peta mudik. Di peta mudik biasanya tercantum lokasi-lokasi beristirahat, atau restoran. Melalui informasi ini, Anda bisa memperkirakan tempat istirahat sahur dan berbuka puasa.

5. Rehat sejenak setelah salat

Jangan paksa untuk terus memacu kendaraan, terutama saat waktu salat tiba. Carilah tempat salat dan istirahat sejenak sambil melemaskan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk. Air wudhu yang membasuh muka sebelum salat juga bisa menyegarkan kembali tubuh Anda.

6. Manfaatkan posko mudik

Sebelum dan setelah Lebaran biasanya pemudik akan menemukan posko mudik yang hadir di sepanjang jalur pulang kampung. Berbagai fasilitas juga disediakan, mulai dari cek kendaraan, menyediakan tajil dan minuman, playstation, sampai kursi pijat. Nah, Anda bisa memanfaatkan layanan yang disediakan dari berbagai perusahaan ini agar tubuh kembali bugar.

Nah dengan anda memperhatikan hal tersebut diatas, anda akan lebih aman dan nyaman dalam bermudik. Baiklah demikian tips mudik lebaran aman kali ini yang bisa Berita Terbaru sampaikan untuk anda. Semoga mudik anda selamat sampai tujuan, dapat bertemu dengan keluarga tercinta dan bercengkrama dalam momen hari raya idul fitri.