Cara Alami Menghilangkan Ketombe

cara menghilangkan ketombeCara Menghilangkan Ketombe, Atasi Ketombe Dengan Alami. Ketombe sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada rambut kita, ketombe atau bahasa latinnya ptiriasis sika (dandruff) lebih dimaksud sebuah perubahan kulit kepala karena panas dan kulit terkelupas.

Ketombe biasanya dialami oleh orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau daerah yang bersuhu lokasi panas. Keluhan yang dialami karena ketombe adalah kulit kepala gatal, mengelupas dan cenderung menjadi kotor. Lalu bagaimana solusinya?

Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu faktor penyebab ketombe:
* Ras tertentu memiliki sifat kulit berminyak
* Genetik
* Diet makanan berlemak tinggi
* Iklim dan cuaca yang merangsang kegiatan kelenjar minyak kulit
* Stres psikis yang menyebabkan peningkatan aktivitas kelenjar
* Umur tertentu yang menyebabkan kelenjar minyak berproduksi maksimal
* Obat-obatan tertentu menyebabkan stimulasi kelenjar minyak
* Higiene (kesehatan/kebersihan) kulit buruk
* Penyakit sistemik kronik
* Obat-obatan penurun daya tahan kulit dan tubuh (ref : Isdaryanto)

Cara Menghilangkan Ketombe sebenarnya mudah tetapi kadang kita malas sekali untuk melakukannya. Nah berikut ini adalah tips untuk mengatasi ketombe dengan bahan alami dan sangat mudah. Silahkan disimak tips dari Berita Terbaru berikut ini.
  1. Cara mengatasi ketombe yang pertama adalah, ketahui dulu karena faktor apa anda mengalami ketombe. Apakah karena faktor malas shampoan atau karena stress berat. Anda bisa mengatasinya dengan mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut.
  2. Lalu pergunakan shampo anti ketombe yang benar, lihat jenis-jenis dan manfaat shampo diketerangan dibawah.
  3. Untuk jenis ketombe yang berat, dapat digunakan selenium, zinc atau asam salisilat yang telah terbukti cukup berhasil. Shampo yang mengandung anti jamur seperti ketokonzole juga dapat dipergunakan untuk mengatasi ketombe yang sulit hilang. Penggunaanya biasanya memakan waktu lama (hampir 6 minggu). Semua obat ini dapat diperoleh di apotik tanpa resep dari dokter.
  4. Apabila pengobatan diatas tidak berhasil dan malah mengakibatkan kulit kepala menjadi kemerahan, meradang, dan nyeri, maka pertolongan tambahan diperlukan. Biasanya pengobatan ini dilakukan oleh seorang ahli penyakit kulit. Pengobatan yang biasanya diberikan adalah kortikosteroid, Ketokonazol oral, hormon estrogen, vitamin B, riboflavin, piridoksin dan sianokobalamin. Apabila tidak berhasil juga, dapat digunakan anti malaria. Untuk mengatasi infeksi sekunder seringkali diperlukan antibiotik. Dan pada kelainan psikis diperlukan obat penenang.
  5. Untuk mencegah agar ketombe tidak kembali lagi, kesehatan rambut perlu dijaga dengan baik. Selain itu diet teratur, istirahat dan rekreasi yang cukup, serta mengurangi rokok dan minuman keras dapat membantu mencegah ketombe. Dalam perawatan, perlu diperhatikan untuk melakukan keramas yang baik. Yaitu dengan memijat kulit kepala (tidak menggaruknya) menggunakan shampo antidandruff (dikombinasikan dengan shampo yang sudah biasa dipakai).
Jenis-jenis shampo:
  • Shampo sulfur : melepaskan lapisan tanduk kulit dan mengurangi pembentukan lemak di kulit kepala.
  • Shampo ter : mengurangi pembentukan lemak kulit dan menekan pembentukan dan pelepasan kulit (epidermal turn over).
  • Shampo Zinc-pyrithion (ZPT) : kandungan yang banyak digunakan di shampoo anti ketombe yang dijual bebas dengan sifat anti jamurnya menekan pertumbuhan P. ovale.
  • Shampo Selenium : menekan pembentukan dan pelepasan kulit. Pemakaiannya dioles ke kulit kepala setelah dibasahi, diamkan selama 5-10 menit, kemudian dibilas. Pemakaian 2 kali seminggu, diturunkan bila ketombe sudah mulai berkurang.
  • Medicated Shampo : dengan kandungan antiseptik dan campuran salah satu bahan di atas.
  • Bila ketombe masih membandel, dapat diberikan preparat anti jamur seperti ketokonazol 1-2%. Untuk pemberiannya berkonsultasilah dahulu dengan dokter. Pemakaiannya cukup 2 kali seminggu, pada hari lainnya dapat menggunakan shampo biasa. Perlu diperhatikan untuk didiamkan dulu di kepala selama beberapa menit sebelum dibilas.